;/a> Saling berbagi: CorelDRAW penjelasan tentang Distort tool

Sunday, November 6, 2016

CorelDRAW penjelasan tentang Distort tool



CorelDRAW penjelasan tentang Distort tool

Halo sobat GA, sudah pernah lihat floral art atau mungkin grafiti, dimana ada gambar spiral nanggung dan bentuk-bentuk aneh lain. Jika pernah sudah pasti orang yang punya insting desain akan bertanya bagaimana cara membuatnya. Kali ini admin akan membagi sedikit informasi mengenai fitur Distort dalam CorelDRAW. Distort dalam urusan desain grafis artinya penyimpangan bentuk. Baiklah teman-teman GA mari kita praktek saja, karena teori tanpa praktek ibarat makan nasi tanpa sayur dan lauk.
1.       Siapkan objek yang akan diberi efek distort, misalnya untuk saya objek lingkaran saja. Buat lima objek dan beri nama untuk tiap sample dengan warna berbeda tiap objek. Ini bertujuan agar ingatan kita lebih kuat dalam memahami perbedaan pilihan setting dalam fitur distort.

2.       Jika sudah maka pilihlah lingkaran merah,lalu aktifkan fitur Distort yaitu dengan cara klik tombol Distort di tool box.

3.       Nanti akan muncul tool bar seperti berikut.

Untuk kotak kuning berisi pilihan jenis distort ( saya lebih menyarankan menggunakan ini).
Untuk kotak hijau berisi tombol shortcut untuk jenis distort.
Untuk kotak ungu berisi arah rotasi, berlawanan arah jarum jam atau searah.
Untuk kotak merah berisi settingan berapa banyak rotasi.
Untuk kotak biru  berisi nilai kemajuan rotasi.

4.       Silahkan dicoba sendiri objek sampel yang sudah dibuat dengan fitur settingan sesuai namanya. Misalnya di sini saya pilih Twister. Perlu diperhatikan kotak putih kecil di dalam objek itu adalah inti rotasi dan lingkaran putih kecil adalah tepi rotasi, jadi kita megatur bentuk distort menggunakan ini.

5.       Dan untuk hasil lainnya untuk saya seperti ini. Untuk sobat silahkan dicoba-coba sendiri variasi lain.

Bagaimana man, sepertinya ini tidak sulit, karena tinggal ngeklik-ngeklik saja, perlu diingat bahwa dalam desain perlu namanya ESTETIC TASTE atau disebut juga kemampuan membedakan mana komposisi yang bagus dan tidak beserta alasannya, ini juga tidak dapat dipisahkan dari kemampuan teknis atau MACRO SKILL yaitu kemampuan melakukan suatu prosedur teknis tanpa berpikir seolah tubuh kita dan otak kita menanggapi secara otomatis kebutuhan yang diperlukan dalam desain. Kedua hal tersebut hanya dapat diperoleh dari latihan dengan intensitas tinggi dengan kemauan memperbaiki kualitas dan kuantitas desain. So man, buatlah portfolio sebanyak mungkin untuk mengasah 2 hal tersebut. Sekian materi tentang Distort. Jangan lupa tinggalkan komentar, thank you

No comments:

Post a Comment