Minggu, 06 November 2016

CorelDRAW penjelasan tentang Drop Shadow



CorelDRAW penjelasan tentang Drop Shadow

Halo sobat GA (game dan animasi), ketemu lagi dengan admin, kali ini materi yang kita bahas adalah Drop Shadow. Jadi arti dari Drop Shadow kurang lebih berarti, bayangan yang jatuh. Terdapat 11 jenis Drop shadow. Seperti gambar di atas. Fungsi dari fitur ini dalam dunia desain adalah untuk memberikan efek timbul. Baiklah sobat / teman-teman mari kita praktek.
1.       Siapkan objek yang akan dijadikan sampel-sampel sebanyak 11 sampel, jangan lupa beri label untuk tiap sampel, jenis Drop shadow apa yang akan diterapkan padanya.

2.       Sekarang pilih objek bintang FTR (Flat Top Right) artinya kurang lebih Kanan Atas Datar. Lalu akses menu Drop shadow di tool box.

3.       Sekarang pilih Flat Top Right di di drop down di toolbar Drop Shadownya

4.       Maka sekarang tampilan objek bintang kita akan seperti ini. Ada bayangan abu-abu agak jauh di atas kanan. Dan ada pula garis putus-putus dengan salah satu ujungnya kotak kecil warna hitam yang artinya posisi bayangan, kita dapat mengatur jarak bayangan dari objek dasar dengan cara menggeser handel tersebut.

5.       Sekarang adalah waktunya untuk mengatur bayangannya, maka kita bisa melihat pilihan apa saja yang bisa kita ambil di tool bar.

Kotak biru untuk mengatur tingkat kebeningan bayangan jika seumpama saya beri nilai 100 maka bayangan tersebut menjadi hitam. Dan jika saya beri nilai 0 maka tidak akan kelihatan bayangan tersebut.
Kotak hijau untuk mengatur tingkat ketajaman bayangan, semakin tinggi maka semakin blur dan semakin rendah semakin tajam.
Kotak kunging untuk mengatur warna bayangan.
Kotak merah untuk melepas efek Drop Shadow.
Kotak jingga untuk mengatur arah tepi bayangan / bulu (feathering).
Kotak ungu untuk mengatur bentuk tepi bayangan.
6.       Setelah saya coba-coba maka hasil dari saya seperti ini. Silahkan untuk teman-teman mencoba-coba sendiri settingannya.

Guru terbaik adalah pengalaman, pengalaman jauh lebih bernilai dari dosen manapun. Gunakan saja akal sehat sobat dan pengalaman sobat. Jangan takut untuk mencoba selama tidak dilarang agama. Keep hard work for the best achievment. Jangan lupa ya komentarnya. Thank you

Tidak ada komentar:

CorelDRAW penjelasan tentang Drop Shadow

CorelDRAW penjelasan tentang Drop Shadow Halo sobat GA (game dan animasi), ketemu lagi dengan admin, kali ini materi yang kita...