Minggu, 06 November 2016

CorelDRAW Penjelasan tenntang Boolean tool



CorelDRAW Penjelasan tenntang Boolean tool

Halo teman-teman GDA, ketemu lagi dengan admin, kali ini admin akan berbagi tentang Boolean tool. Kira-kira ada yang tahu tidak apa itu Boolean, Boolean adalah nama yang ditujukan untuk operasi yang identik dengan OR dan AND (operasi logika) dalam dunia pemrogaman. Dan untuk dunia modeling istilah Boolean identik dnegan operasi mengurangi / trim, menambah / add/ union / weld dan intersect. Istilah ini sangat populer di dunia modeling apalagi untuk urusan CAD (Computer aided design) desain mesin. Fitur ini adalah fitur wajib.
Baiklah sobat GDA, kita langsung saja ya, tidak baik basa-basi untuk urusan teknis. Karena urusan teknis adalah urusan dimana kita mengutamakan kepastian (ketunggalan dalam makna) dan mengabaikan emosi / perasaan.
1.       Siapkan Objek A dan Objek B, kasarannya objek A adalah objek pemotong bagian di objek B, untuk mudahnya kita gunakan lingkaran dan persegi saja. Beri warna yang berbeda pada tiap objek agar mudah dalam mengidentifikasinya.

2.       Jika sudah maka anggap saja objek lingkaran sebagai objek pemotong dan objek persegi sebgai objek yang dipotong.  Maka letakkan objek lingkaran di atas objek persegi


3.       Jika sudah cobalah buka jendela Boolean tool dengan cara buka menu Window > Dockers > Shaping. Sehingga akan muncul jendela seperti di bawah di sebelah kanan jendela gambar.

4.       Jika sudah duplicat 2 objek tersebut ke tempat lain sehingga kita dapat mengetahui fungsi dari, trim, weld, intersect dan boundary.

5.       Jika sudah seperti formasi di atas, maka sesuai perjanjian bahwa objek lingkaran adalah objek pemotong, maka kita pilih objek lingkaran dan klik tombol trim (misalnya) dan arahkan arah panah ke objek kotak. Lakukan tiap sampel sesuai jenis operasinya dan teman-teman akan melihat  hasil operasi seperti ini.

Bagaimana teman-teman menarik bukan, operasi ini jika ditangan orang yang sudah biasa maka akan menghasilkan karya yang fantastis. Karena perasi ini adalah operasi geometri artinya bisa diterapkan untuk mesin. Banyaklah berlatih dan membuat portfolio, karena portofolio sobat adalah ujung tombak dalam karir sobat. Jangan lupa komentarnya ya..

Tidak ada komentar:

CorelDRAW penjelasan tentang Drop Shadow

CorelDRAW penjelasan tentang Drop Shadow Halo sobat GA (game dan animasi), ketemu lagi dengan admin, kali ini materi yang kita...