;/a> Saling berbagi: CorelDRAW Penjelasan tentang Rollover

Sunday, November 6, 2016

CorelDRAW Penjelasan tentang Rollover



CorelDRAW Penjelasan tentang Rollover

Halo sobat GA, pernah tidak sobat melihat tombol baik itu di web, aplikasi atau dimanapun di dalam dunia digital ?, pasti semua sudah pernah. Pertanyaannya apakah sobat memperhatikan dan menandai (meniteni jawanya) perubahan yang terjadi pada tombol saat sebelum kursor berada di atas tombol, saat sedang dan saat tombol tersebut diklik. Jika sobat memperhatikannya maka itulah yang disebut Rollover. Jadi perubahan yang terjadi pada tombol antara sebelum mouse di atas tombol, saat di atas tombol dan saat mengklik, fitur seperti ini sangat populer di program seperti Flash. Jangan salah kalau sebenarnya CorelDRAW juga mempunyai fitur Rollover, meski tidak begitu populer, namun patut untuk dipelajari.
Baiklah teman-teman, kita praktek saja.
1.       Buka toolbar Rollover, caranya  klik menu Window > Toolbars > Internet.

2.       Nanti akan muncul toolbar seperti ini, inilah toolbar Rollover

3.       Sekarang buatlah objek tombol, kalo saya sendiri tombol apa adanya, silahkan sesuaikan dengan selera sobat GA.

4.       Sekarang klik tombol berikon bulat berbintang ijo bertuliskan create rollover.

5.       Jika sudah aktif rollovernya maka toolbarnya akan berubah seperti berikut.

6.       Sekarang  waktunya mengedit rollover kita, karena kita ingin warna tombol berubah saat mouse berada di atas tombol dan saat mengklik, maka yang kita lakukan adalah mengkilk tombol.

Nanti toolbarnya akan berubah seperti ini

7.       Tinggal kita edit sesuai jenisnya tinggal klik drop down menu NORMAL yang artinya saat tidak ada kursor mouse di atas tombol, OVER artinya kursor mouse di atas tombol dan DOWN kursor mouse di atas tombol. Berikut adalah tombol settingan saya.

8.       Jika sudah maka, sekarang adalah waktunya uji coba roll over, maka klik tombol Live preview of Rollover. Dan arahkan kursor mouse di atas tombol dan juga klik tombol tersebut.
.

Dan jika seumpama sobat ingin mengekstrak ketiga objek tersebut, maka klik tombol extract

Bagaimana teman, tidak sulit bukan, materi tentang rollover ini ada kaitan dengan tujuan  pembuatan websitedan aplikasi. Berlatihlah dan sering berlatih, buat portfolio sebanyak mungkin, kualitas urusan belakangan, yang penting punya banyak koleksi portfolio. Oh ya jangan lupa tinggalkan komentar ya sob. Thank you

No comments:

Post a Comment