;/a> Saling berbagi: CorelDRAW penjelasan tentang Envelope

Sunday, November 6, 2016

CorelDRAW penjelasan tentang Envelope



CorelDRAW penjelasan tentang Envelope

Pernahkah sobat melihat tulisan-tulisan yang bentuknya cenderung mengikuti bentuk sesuatu, misalnya saja bentuk sapi, haha. Teringat saat masih SD lihat tulisan yang bentuknya mengikuti gambar binatang, saya lupa entah itu sapi atau kuda saat makan bakso atau apa. Yang pasti admin sudah pernah lihat yang seperti itu. Maka dari itu admin ingin nostalgia dengan salah satu fitur CorelDraw yang namanya Envelope. Ini fitur yang cukup populer di kalangan desainer grafis.
Baiklah cikup basa basinya kita akan praktek mengenai fitur Envelope.
1.       Buatlah objek yang digunakan untuk wadah tulisan, di sini saya menggunakan gambar sapi saja, gambaran sapi di sini tidak harus sebagus bentuk sapi aslinya karena fokus kita disini adalah demo fitur Envelope.

2.       Sekarang kita membuat objek artistic text, ingat ! bukan paragraph text tapi artistic text.

3.       Letakkan tulisan artistic text di tengah-tengah objek sapi. Karena nanti bingkai artistic text akan mengikuti bentuk sapi. 

4.       Buka jendela Envelope dengan cara Window > Dockers > Envelope. Nanti akan tampak jendela seperti berikut di sebelah kanan jendela aplikasi.

5.       Setelah memilih artistic text, Klik tombol Eyedroper di dalam jenedela Envelope. Dan arahkan arah panah pada objek sapi lallu klik kiri sekali. Maka akan muncul gambar seperti berikut

6.       Bingkai berbentuk objek sapi menandakan envelope sudah aktif. Sekarang klik Apply di jendela Envelope dengan settingan Vertical.

7.       Maka jadinya akan seperti berikut.

Kreasi bentuk gambar binatang atau benda-benda lain di sini tergantung kreasi atau imajinasi sobat sendiri. Semakin banyak mencoba semakin banyak tahu, ingat mencoba dengan menduga itu berbeda. Jangan lupa tinggalkan komentar ya sob, thank you

No comments:

Post a Comment